Minggu, 29 April 2018

Seperti Apa Rumah Minimalis yang Biasa Disewakan? Yuk Kita Lihat Fasilitasnya

Memilih rumah sewaan menjadi salah satu proses penting bagi calon konsumen sebelum menentukan pilihan. Mencermati iklan rumah disewakan dan mencari tahu fasilitas apa saja yang tersedia beserta harganya menjadi hal penting dalam memilih rumah sewaan. Berikut ini beberapa gambaran mengenai fasilitas dan kondisi rumah minimalis yang kerap disewakan.

Seperti Apa Rumah Minimalis yang Biasa Disewakan? Yuk Kita Lihat Fasilitasnya

Pentingnya Menimbang Fasilitas Rumah Minimalis Yang Disewakan

Kebanyakan rumah minimalis yang disewakan memiliki fasilitas yang sederhana; namun memenuhi kebutuhan umum penghuninya. Ukuran yang relatif kecil menjadi salah satu alasan mengapa kebanyakan fasilitas yang dimiliki juga sedikit. Pada sisi lain; ukuran kecil juga berdampak pada harga sewa lebih murah yang menjadi kemudahan bagi penyewa selaku konsumen.

Rumah minimalis yang disewakan biasanya memiliki fasilitas berupa 2 kamar tidur, 1 kamar mandi, 1 ruang tamu dan 1 dapur bersih yang juga berfungsi sebagai ruang makan. Beberapa rumah minimalis yang disewakan juga telah dilengkapi dengan perabot atau furniture yang umum seperti meja kursi ataupun almari. Fasilitas tersebut dapat dikatakan telah mampu memenuhi kebutuhan umum dari penghuninya untuk memperoleh tempat istirahat, memasak dan bersosialisasi.

Ukuran rumah disewakan yang lebih besar atau memiliki lantai lebih dari 1 memungkinkan ada lebih banyak fasilitas seperti ruang makan terpisah ataupun kamar tidur dan kamar mandi dengan jumlah lebih dari 2 hingga ruang garasi yang cukup luas. Fasilitas lebih berupa pendingin ruangan atau AC, kipas angin, televisi dan kulkas terkadang juga ditemukan pada rumah minimalis yang disewakan meski kebanyakan hanya tersedia aliran listrik mandiri di rumah tersebut.

Rumah minimalis disewakan yang berada di kompleks perumahan terkadang juga memiliki fasilitas pelayanan umum seperti keamanan atau sekuriti. Penghuni rumah sewaan biasanya akan menanggung tanggung jawab iuran keamanan pada situasi tersebut. Fasilitas ini dapat menjadi keuntungan tersendiri karena keamanan yang lebih terjamin.

Beberapa Tips Memilih Rumah Sewaan Minimalis

Memilih rumah untuk disewa agar sesuai dengan kebutuhan dan juga sesuai dengan anggaran terkadang membutuhkan usaha lebih. Menemukan iklan atau tawaran rumah disewakan tidaklah sulit. Hanya saja menemukan rumah untuk disewa yang sesuai dengan kebutuhan dan keinginan bisa membutuhkan usaha serius serta terkadang juga keberuntungan. Berikut ini beberapa hal sederhana yang patut dijadikan pertimbangan saat akan menyewa rumah.

Faktor lingkungan patut dijadikan pertimbangan utama. Lingkungan yang baik serta sehat dari sisi kualitas lingkungan dan kondisi sosial sebaiknya dijadikan syarat memilih rumah sewaan; terlebih lagi jika harus tinggal bersama anak – anak.

Lingkungan kotor dapat berdampak buruk bagi kesehatan; sedangkan lingkungan sosial yang kurang baik dapat berdampak buruk bagi perkembangan psikologis anak. Lingkungan yang kurang sehat dan tidak nyaman dapat berdampak buruk bagi tumbuh kembang anak sehingga merugikan.

Hindari memilih rumah yang berada di lingkungan yang bising. Kebisingan atau polusi suara yang terjadi di waktu istirahat bisa sangat mengganggu dan berdampak buruk bagi kesehatan. Demikian pula dengan polusi lain seperti bau dan kualitas air buruk yang sebaiknya juga dihindari.

Fasilitas yang menyertai rumah menjadi hal lain yang wajib mendapat perhatian. Usahakan untuk memilih rumah untuk disewa yang memiliki fasilitas sesuai kebutuhan seperti jumlah kamar tidur ataupun garasi. Menyewa rumah dengan fasilitas yang kurang untuk memenuhi kebutuhan justru akan membuat masalah baru dan menjadikan hidup menjadi tidak nyaman.

Pemilik kendaraan sebaiknya memilih rumah yang memiliki fasilitas garasi. Ruang untuk menyimpan atau parkir kendaraan yang tidak tersedia bisa merepotkan dan justru mengganggu lingkungan seperti kasus parkir di jalan yang mengganggu arus lalu lintas. Sedangkan pengguna kendaraan umum sebaiknya memilih rumah untuk disewa yang tidak jauh dari jalur transportasi umum yang digunakan untuk sehari – hari.

Ada baiknya untuk memilih rumah yang dekat dengan tempat yang rutin didatangi dan menjadi bagian dari kegiatan sehari – hari seperti kantor ataupun sekolah. Lokasi rumah sewaan yang dekat dengan tempat bekerja ataupun sekolah dapat menghemat pengeluaran untuk biaya transportasi. Perjalanan menuju tempat bekerja atau sekolah yang cepat juga akan membuat rutinitas sehari – hari menjadi semakin nyaman untuk dilakukan.

Memilih rumah yang dekat dengan rumah ibadah dan fasilitas umum lain juga dapat menjadi pilihan. Kemudahan untuk mendatangi rumah ibadah dan fasilitas umum sebagai bagian dari rutinitas juga akan sangat bermanfaat. Lokasi rumah disewakan yang dekat dengan pasar, pertokoan atau rumah sakit bisa sangat menguntungkan.

Pentingnya Melakukan Survei Sebelum Membuat Keputusan

Melihat kondisi rumah dapat menjadi langkah penting sebelum menentukan pilihan rumah yang akan disewa. Mendatangi beberapa rumah berdasar informasi rumah disewakan dapat menjadi pilihan untuk membuat pertimbangan dalam memilih. Kondisi rumah dan fasilitasnya wajib diperhatikan dengan seksama. Bahkan mencoba beberapa fasilitas penting seperti aliran dan kualitas air, kamar mandi dan dapur dapat pula dilakukan.

Lingkungan yang kurang aman atau rawan konflik juga tidak akan menjadi tempat yang nyaman untuk tinggal. Tekanan psikologis berupa rasa khawatir dapat membuat kehidupan menjadi sulit untuk menemukan kenyamanan dan kebahagiaan.

Ada baiknya untuk mempelajari kondisi lingkungan baik dari sisi kesehatan maupun kondisi sosial. Informasi mengenai sejarah tindak kriminal di lingkungan ataupun konflik sosial dapat diperoleh dari warga di sekitar.

Membandingkan harga dengan kondisi rumah dan lingkungannya dapat menjadi langkah akhir sebelum membuat keputusan. Melakukan negosiasi dengan pemilih rumah sewaan untuk memperoleh harga sewa yang lebih baik juga dapat dilakukan setelah melakukan survei dan membandingkan kondisi. Perpaduan antara rumah dengan fasilitas yang baik, lingkungan sehat serta harga sewa yang sesuai anggaran dapat menjadi solusi rumah sewaan terbaik.