Selasa, 17 April 2018

Bekerja VS Kuliah: Inilah Hal yang Harus Anda Putuskan Setelah Lulus SMA

Bekerja VS Kuliah: Inilah Hal yang Harus Anda Putuskan Setelah Lulus SMA – Saat ujian nasional sudah selesai, maka ini adalah salah satu tanda anda sudah menyelesaikan masa SMA. Anda mungkin merasa sangat lega karenanya, tapi anda juga akan cukup khawatir dengan hasil pengumuman ujian nasional.

Dan sambil menunggu hasil ujian nasional, beberapa di antara anda mungkin ada yang sudah berencana setelah lulus sekolah? Bekerja atau kuliah? Apakah anda sudah memutuskan, atau masih bingung ingin kemana?

Bekerja VS Kuliah: Inilah Hal yang Harus Anda Putuskan Setelah Lulus SMA

Bekerja atau kuliah setelah lulus SMA atau SMK masing – masing ada kelebihan dan kekurangannya. Supaya anda tidak merasa tidak bingung dalam hal merencanakan tujuan hidup setelah lulus SMA. Maka berikut adalah pertimbangan yang bisa menjadi keputusan anda.

Bekerja sambil melanjutkan kuliah

Seperti yang kita ketahui, kuliah tentu saja tidak membutuhkan sedikit dana, namun ini bukan berarti anda tidak bisa kuliah karena tidak kuliah. Bekerja sambil melanjutkan kuliah bisa menjadi solusinya, jika anda ingin kuliah tanpa membuat orang tua merasa terbebani.

Untuk masalah pekerjaannya, anda bisa memilih pekerjaan yang memiliki waktu cukup fleksibel, sehingga pada saat waktu kuliah dan kerja tidak akan bentrok yang akhirnya menyusahkan diri anda sendiri. Misalnya anda bisa mengambil jadwal untuk menjadi partimer atau freelancer.

Jika anda merasa tak sanggup untuk bisa mengikuti kelas untuk masa kuliah reguler, maka anda bisa mulai dengan memilih kelas yang khusus karyawan, dimana untuk jadwal ini biasanya akan memudahkan anda untuk mengatur waktu anda saat bekerja dan juga saat kuliah.

Dan yang terpenting adalah anda harus memilih jurusan kuliah yang sesuai dengan pekerjaan anda. Sehingga bisa membantu anda dalam meningkatkan karier anda. Dan usahakan untuk menyisipkan 40% dari hasil gaji anda sebagai dana kuliha. Sehingga anda tidak kebingungan untuk membayar uang semester.

Anda bisa meminjam uang pendidikan

Ada banyak bank yang sering memberikan dana pinjaman untuk pendidikan. Jadi anda tidak akan terhalang masalah keuangan pada saat masa kuliah. Dan beberapa bank negara juga sudah banyak yang menyediakannya. Dengan kata lain tidak ada alasan untuk anda tidak mulai melanjutkan kuliah.

Selain dengan menggunakan program pinjaman dari bank, anda juga bisa mendapatkan dana dengan mengajukan pinjaman dana untuk pendidikan dari lembaga bukan pemerintah. Biasanya beberapa lembaga sering memberikan sejumlah pinjaman khusus untuk mendanai pendidikan. Anda bisa memilih sesuai dengan kebutuhan dan sesuaikan dengan biaya angsuran yang bisa anda kembalikan di setiap bulannya.

Pertimbangkan juga dengan masalah beasiswa

Baik itu untuk lembaga dari masyarakat ataupun dari pemerintah, sebenarnya ada banyak juga beberapa program lain yang juga memberikan beberapa program pemberian beasiswa yang digunakan untuk mendanai kuliah anda. Beberapa di antaranya sering dikeluarkan oleh bidikmisi dan juga Djarum beasiswa serta beberapa beasiswa unggulan.

Dimana untuk program beasiswa ini sering diberikan pada mereka yang memiliki prestasi, namun memiliki kekurangan dana untuk melanjutkan masa kuliah. Dan untuk itu, ada baiknya untuk mulai mencari banyak informasi mengenai beasiswa ini, dimana uang dari dana beasiswa ini bisa membantu biaya selama kuliah dengan lebih ringan. Bahkan tak jarang ada beasiswa yang memberikan 100% untuk biaya tanggungan selama melanjutkan Strata 1 selama di Indonesia.

Memiliki Niat Yang Bersungguh – Sungguh

Selanjutnya adalah niat dalam diri anda. Baik anda memilih untuk bekerja ataupun untuk melanjutkan kuliah, sebenarnya adalah pilihan yang memiliki kelebihan dan kekurangan masing – masing di antara keduanya.

Anda bisa memikirkan yang terbaik untuk memutuskannya. Namun, jika anda memilih bekerja setidaknya anda bisa melanjutkan kuliah dengan mengambil jalur karyawan pada saat kuliah. Namun jika anda akan melanjutkan kuliah namun tidak ingin membuat kedua orang merasa terbebani dengan biaya kuliah yang cukup tinggi, maka anda bisa memilih untuk mencari program beasiswa, program pinjaman hingga kerja part time hingga freelancer untuk meringankan biaya kuliah anda.

Dengan kata lain anda harus menaruh keputusan dengan sesuai niat dan usaha yang maksimal sehingga anda akan mendapatkan kesuksesan di masa depan. Jadi Bekerja VS Kuliah: Inilah Hal yang Harus Anda Putuskan Setelah Lulus SMA sendiri.