Sabtu, 17 Maret 2018

Tips dan Nasihat Penting Untuk Orang yang Merantau Untuk Bekerja atau Sekolah

Tips dan Nasihat Penting Untuk Orang yang Merantau Untuk Bekerja atau Sekolah – Saat anda memutuskan merantau pertama kali maka tentu saja ini membuat perasaan yang tak menentu. Ada rasa senang karena anda akan menghadapi hal yang baru.

Namun ada juga perasan sedih, karena harus meninggalkan keluarga dan juga sahabat. Dan tak jarang ada juga yang merasa takut karena merasa tidak terlalu yakin dengan apa yang akan dihadapi nantinya. Apalagi jika tempat anda merantau adalah tempat yang cukup jauh.


Merantau untuk bekerja ataupun sekolah menjadi satu hal yang paling banyak dihindari dengan beberapa alasan. Namun apapun pertimbangannya sebenarnya tidak bisa dipungkiri, jika merantau bisa membantu anda untuk menambah perspektif dan juga memperluas wawasan anda. Dan untuk itu, berikut adalah beberapa tips penting untuk anda yang berniat merantau untuk bekerja atau sekolah di antaranya adalah:

Jangan Pernah Lupa Untuk Berdoa

Saat sebelum anda merantau, atau memilih tempat untuk merantau, ada baiknya untuk anda berdoa. Sebenarnya doa akan memberikan anda ketenangan, dan meningkatkan rasa percaya diri namun rendah hati yang anda miliki.

Karena merantau bukan hal yang sepele, ini bisa menjadi salah satu titik balik di dalam hidup anda untuk menjadi lebih besar dengan batuan sang pencipta. Maka anda bisa membangun kebiasaan dengan melakukan doa. Karena pada saat merantau, maka tidak ada orang yang bisa anda andalkan atau tempat kalian meminta pertolongan. Maka dengan berdoa pada pencipta adalah salah satu jalan terbaik untuk anda.

Jangan asal pilih tempat rantau

Pilihlah tempat untuk merantau dengan cemat dan tidak gegabah sehingga anda memiliki tujuan yang jelas. Jika anda ingin sekolah maka anda harus melihat tempat tersebut dengan latar belakang anda, apakah cocok atau tidak.

Dan jika ini adalah untuk bekerja maka anda harus memilih beberapa hal sesuai dengan pekerjaan, misalnya melihat lowongan pekerjaan di sana. Setelah anda mendapatkan beberapa tempat yang pas, maka anda bisa mencari cara untuk menuju ke tempat tersebut. Mulailah dengan mencari tempat tinggal hingga melihat pekerjaan yang cocok untuk anda.

Sebenarnya hal yang paling penting saat akan mulai merantau adalah tempat tinggal. Anda harus mendapatkan alamat tempat tinggal yang tepat. Sehingga pada saat anda sampai di tempat tujuan merantau anda tidak akan merasa bingung harus kemana dan harus bagaimana. Anda juga harus mengatakan kepada keluarga mengenai tempat anda merantau dan bagaimana keadaan disana, sehingga tidak akan membuat keluarga di rumah menjadi khawatir dengan keadaan anda.

Meminta Restu Dari Orang tua

Restu orang tua adalah yang paling utama, jika orang tua anda tidak menyetujui untuk anda merantau maka batalkan. Karena restu orang tua sangat menentukan sukses atau tidaknya anda di rantauan. Sehingga saat sebelum anda berangkat ada baiknya untuk anda sudah mendapatkan restu dari orang tua. Sehingga apa yang akan anda dapatkan di tempat rantauan akan menjadi lebih barokallah.

Menjadi lebih rileks dan tidak boleh gegabah

Saat memilih tempat rantau ada baiknya memilih dengan cermat dan tidak boleh gegabah. Jika anda belum mengetahui sama sekali mengenai tempat rantauan anda. Maka ada baiknya untuk anda mencari tahu beberapa informasi umumnya.

Mungkin ada beberapa orang terdekat anda yang akan memberikan informasi mengenai beberapa hal mengenai tempat tersebut. Sikap yang harus anda lakukan sebaiknya untuk tidak langsung menolak atau menerima namun kumpulkan informasi yang anda dapatkan karena seiring waktu nantinya akan terseleksi dengan sendirinya. Anda harus menjadi seorang yang tetap tenang. Jangan gelap mata, dan jangan ragu. Dengan begitu semua akan berjalan dengan lancar.

Siapkan Barang yang penting

Pada saat anda merantau, anda harus memulai dengan apa yang menjadi prioritas anda dan termasuk juga adalah masalah barang – barang yang akan anda gunakan. Dan ini biasanya sangat sering berhubungan dengan seberapa perlu atau tidaknya barang yang anda bawa. Sehingga anda tidak perlu membawa barang yang dianggap tidak penting.

Memilih barang yang penting untuk dibawa sebenarnya membantu anda untuk menghemat tenaga untuk menjaga barang bawaan anda. Untuk itu, bawa barang penting dan seperlunya saja saat akan mulai merantau. Dan itulah beberapa Tips dan Nasihat Penting Untuk Orang yang Merantau Untuk Bekerja atau Sekolah.